Ruko Harco Mangga Dua Blok M no.26, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10730
Telp : (021) 6124651 / Whatsapp : +6287723667788 service@globaldistribusi.co.id
Video Conference / 12 Apr, 2021

9 Tips Untuk Melakukan Video Conference yang Aman.

        Dengan berbagai kemudahan melakukan video conference, kamu harus waspada soal masalah keamanannya. Video conference sering disusupi dan diganggu orang asing atau hacker. Melakukan serangan berupa gangguan dari luar yang membajak video converence yang tengah berlangsung dengan mengirim gambar porno atau ujaran kebencian beserta ancaman.


1. Gunakan aplikasi video conference resmi atau berlangganan dan gunakan versi terbaru dan diunduh dari sumber resmi.

2. Pastikan saat menggunakan aplikasi video conference memiliki fitur enkripsi, end-to-end encryption, private chat, link communication, atau sejenisnya dan dapat diaktifkan pada saat telekonferensi berlangsung.

3. Selalu perbarui ID, PIN, atau password setiap pelaksanaan video conference. Pastikan password yang kamu gunakan kuat minimal 8 karakter kombinasi huruf besar kecil dan karakter khusus.

4. Jangan pernah menyebar link, identitas, dan password meeting untuk publik. Bagikan hanya kepada peserta.

5. Pastikan aplikasi video conference yang kamu gunakan meminta izin terlebih dahulu ketika mengaktifkan kamera atau mikrofon. Jangan sampai ada permintaan akses kamera atau mikrofon yang tersembunyi.

6. Lakukan kegiatan video conference di tempat terang dan situasinya kondusif.

7. Jangan mengunggah tangkapan layar video conference yang menampilkan meeting ID, nama peserta atau info lainnya untuk publik.

8. Gunakan jaringan internet pribadi atau jaringan internet yang terpercaya.

9. Gunakan jaringan yang sudah dilengkapi dengan perangkat atau aplikasi Virtual Private Network (VPN) resmi/berlangganan.